fbpx
Category Places
destinasi wisata kotagede populer

Yogyakarta, kota yang kaya akan budaya dan sejarah, menyimpan banyak cerita tersembunyi yang memukau para wisatawan. Wisata Kotagede terletak di selatan Yogyakarta, destinasi ini memiliki sejumlah tempat wisata populer yang wajib dikunjungi.

Keunikan destinasi wisata kotagede memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dengan sejarah menarik yang terkandung dari setiap tempat wisata, dapat memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. Mari kita jelajahi keindahan wisata Kotagede bersama.

Sejarah Unik Kotagede

Kotagede bukanlah sekadar nama tempat saja, melainkan sebuah nama daerah di Jogja dengan jejak sejarah yang mendalam. Pada abad ke-16, Kotagede merupakan pusat Kerajaan Mataram Islam. Dengan menggabungkan seni dan arsitektur Jawa klasik, kota ini tumbuh menjadi pusat perdagangan dan kebudayaan.

Seiring berjalannya waktu, setelah ibukota kerajaan mataram isalam dipindah ke daerah kota jogja. Tapak tilas Kotagede menjadi daya tarik destinasi wisata dan tempat bersejarah yang sangat menarik.

Setiap tempat wisata kotagede memiliki makna dan sejarah dalam peradaban kerajaan mataram islam. Hingga saat ini tempat bersejarah kotagede masih dirawat dan sangat cocok untuk alternatif wisata di Yogyakarta. Selain itu setiap sudut wisata kotagede juga sangat instagrammable yang bisa menarik minat pengunjung wisata kotagede.

Baca Juga: Rekomendasi Paket Tour Jogja Paling Murah

Daftar Destinasi Wisata Kotagede

Selain dikenal sebagai sentra kerajinan perak yang memukau, Berikut adalah pilihan destinasi wisata daerah kotagede yang populer di Yogyakarta.

Masjid Agung Kotagede

Dibangun pada abad ke-16, Masjid Agung Kotagede memancarkan keajaiban arsitektur Islam klasik. Dengan rinci dan penuh keindahan, masjid ini adalah perwujudan indah seni bangunan yang mencerminkan keagungan dan keunikan budaya Islam. Setiap sudutnya dihiasi dengan indahnya ukiran kayu dan ornamen artistik, menciptakan suasana yang begitu memukau bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Wisatawan yang mengunjungi Masjid Agung Kotagede tidak hanya dapat menyaksikan keindahan eksterior bangunan, tetapi juga dapat menjelajahi keindahan interior yang memukau. Interior masjid ini dihiasi dengan detail ukiran kayu yang sangat halus dan ornamen artistik yang memberikan sentuhan seni yang luar biasa pada zaman dahulu.

Makam Raja Mataram

Kompleks Makam Raja Kotagede, atau dikenal sebagai Pasarean Hastana Kitha Ageng, berlokasi di sebelah barat Masjid Agung Kotagede, menciptakan jejak bersejarah yang menarik. Makam ini adalah warisan bagi raja-raja Mataram Islam pertama dan kerabat mereka yang didirikan oleh sosok luar biasa yaitu Panembahan Senopati.

Makam raja-raja di Kotagede kini menjadi tujuan bersejarah yang menyedot perhatian wisatawan. Keelokannya bukan hanya dari sisi sejarah, tetapi juga pesona budaya yang menyertainya.

Meski menjadi daya tarik wisata, pengunjung diharuskan mematuhi aturan tertentu. Khususnya, penggunaan pakaian adat khas Jawa dihargai sebagai tanda penghormatan terhadap nilai budaya yang terkandung di dalamnya.

Menjelajah Tempat Wisata Tersembunyi Yogyakarta dengan Tour Sepeda

Sendang Seliran

Sendang Seliran, sebuah kolam pemandian yang dahulu terletak di selatan kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, menghadirkan pengalaman unik bagi setiap pengunjung. Mata air ini, sering dianggap sebagai sumber air keramat. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sembari bersantai di sekitar area kolam, menciptakan suasana perkampungan yang asri.

Sumber mata air Sendang Seliran dianggap memiliki khasiat penyembuhan. Mata air keramat ini diyakini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan spiritual. Wisatawan sering datang untuk merasakan sendiri keajaiban alam ini dan mencari penyembuhan di dalam air yang jernih.

Sendang Seliran memiliki dua seliran yang menambah keunikan tempat ini. Seliran Kakung, sebagai tempat pemandian laki-laki, memberikan ruang bagi para lelaki. Di sisi lain, Seliran Estri, sebagai tempat pemandian perempuan, menciptakan lingkungan yang nyaman dan eksklusif bagi para wanita.

Gang Soka Kotagede

wisata sejarah gang soka Kotagede Yogyakarta

Gang Soka menjadi destinasi menarik di Kotagede, tempat di mana peserta dapat merasakan pesona rumah-rumah klasik yang begitu khas. Dengan berjalan kaki sejauh 650 meter, kurang lebih selama 10 menit, pengunjung dapat menikmati keunikan bangunan rumah di Gang Soka, yang terhiasi ukiran khas Jawa.

Gang Soka bukan sekadar jalur bersejarah, tetapi juga museum hidup bagi rumah-rumah yang sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun. Wisatawan yang berkunjung akan disuguhkan pemandangan unik dan indah dari berbagai rumah yang masih terawat dengan baik. Sejauh mata memandang, ukiran khas Jawa di dinding rumah menjadi penanda keelokan setiap bangunan.

Gang Soka menjadi bukti nyata bahwa sejarah dapat tetap hidup dan dinikmati oleh generasi sekarang. Keaslian setiap bangunan dijaga dengan cermat, menciptakan hubungan antara masa lalu dan masa kini.

Sentra Coklat Monggo

Jika Anda berada di Purbayan Kotagede, Kota Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pabrik Coklat Monggo yang terletak di Jalan Dalem KG III Nomor 978. Anda tidak hanya dapat menikmati kelezatan cokelat tetapi juga menyaksikan langsung proses pembuatannya.

Saat proses pembuatan tentu hasilnya tidak hanya menggugah selera, tetapi juga memberikan pandangan mendalam tentang kebersihan dan ketertiban yang menjadi kunci utama dalam setiap langkah pembuatan. Anda dapat belajar banyak tentang sejarah coklat di indonesia atau bisa membeli hasil olahan coklatnya langsung.

Dengan sejarah yang mengagumkan dan destinasi wisata yang memikat, Kotagede menjadi surga tersembunyi di Yogyakarta. Melalui perpaduan antara keindahan alam, seni, dan budaya, Kotagede mampu memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jelajahi setiap sudutnya dan biarkan diri Anda terhanyut dalam pesona Destinasi Unik Wisata Kotagede Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.